cara membetulkan micro sd yang error

MicroSD memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah ponsel. karena begitu pentingnya hampir semua file-file yang kita miliki entah itu Foto, Video, Mp3 dan lain sebagainya kita simpan di memori microSD benar kan?

namun, apa yang terjadi jika memori microSD tersebut rusak dan tidak dapat di format? ada beberapa hal yang membuat memori microSD rusak seperti berikut ini:
  • terkena virus
  • efek gangguan magnet
  • salah ketika mencabut memori
  • terkena kotoran atau minyak
  • meleleh terkena panas
nah, mungkin contoh di atas yang menyebabkan kartu microSD anda rusak dan salah satu jalan adalah beli yang baru. tetapi jika memori microSD masih bisa terbaca dan tidak bisa di format yang ini biasanya di akibatkan oleh virus, anda boleh lega karena masih ada harapan untuk di perbaiki.

3 Cara Mengatasi Memori MicroSD tidak bisa di Format

saya pernah beberapa kali menemui masalah di atas pada teman-teman saya dan mereka meminta bantuan saya untuk memformatnya. namun, ada hal yang cukup aneh yaitu memori microSD ketika di pasang di smartphone terbaca tetapi tidak ada file satupun.

berbeda ketika saya memasang di komputer via card reader bisa terbaca malahan file-filenya masih lengkap akhirnya saya mencoba memformat via komputer dan akhirnya memori microSD bisa di perbaiki  serta di pakai kembali.

untuk mengikuti panduan cara mengatasi microSD tidak dapat di format harus memakai komputer atau PC karena akan lebih mudah dan persentasi keberhasilanya 75% dari pada memformat langsung lewat hp. tidak hanya itu jika ada virus juga bisa langsung di bersihkan sampai ke akar-akarnya.

silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi SD Formatter
ini adalah cara paling mudah dan cepat menurut saya untuk memformat microSD. pertama silahkan download aplikasi SD Formatter disini kemudian pilih berdasarkan sistem operasi komputer anda dan klik download.
Cara Mengatasi Memori MicroSD tidak bisa di Format

selanjutnya, jika sudah selesai menginstal langsung buka saja aplikasi ini dan jangan lupa pasang juga MicroSD ke komputer yah dan untuk memasang microSD ke komputer bisa memakai Card Reader.

nah, setelah aplikasi ini terbuka maka akan menampilakan beberapa jendela yang berisikan pengaturan dan pilihan untuk melakukan formatting dan bagi anda yang pemula juga saya jamin pasti bisa karena tampilanya sangat sederhana kok.

jika semua pengaturan sudah siap, sekarang klik tombol Format pada bagian bawah jendela aplikasi dan proses format langsung berjalan dan anda tidak perlu khawatir karena cara ini aman dan cepat tidak seperti saat anda memformat langsung lewat ponsel.

2. Format Langsung Via Komputer
untuk yang kedua bisa langsung di lakukan via komputer atau PC tetapi cara ini harus di lakukan dengan hati-hati yah karena bisa fatal akibatnya.
    1. hubungkan kartu memori dengan komputer anda bisa menggunakan Card Reader
    2. cari Drive tersebut dengan cara klik icon komputer pada dekstop kemudian anda akan melihat Drive tersebut (biasanya antara Drive E,F,G,H)
    3. klik kanan pada Drive dan klik Format dan anda akan dihadapkan oleh beberapa jenis format (FAT, FAT32 dan NTFS) pilih jenis FAT saja untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini dan kemudian klik Start.
Cara Mengatasi Memori MicroSD tidak dapat di Format
3. Format melalui Comand Line
ini adalah langkah terakhir untuk mengatasi memori microSD tidak bisa di format yaitu memformatnya melalui Comand Line dan cara ini sangat ampuh.
  • tekan icon WIN+R pada keyboards kemudian pada bidang isian ketika CMD selanjutnya klik ENTER
  • setelah muncul sebuah jendela comand line ketik FORMAT E:/FS:FAT (E: adalah letak dari drive yang ingin anda format, jika Drive yang akan anda format adalah F, maka tulis saja dengan F)
  • langkah selanjutnya yaitu boleh di ikuti atau tidak yaitu siapkan sebuah kopi karena anda akan menunggu sampai proses selesai.
kartu MicroSD tidak pernah lepas dari sebuah ponsel bahkan mungkin karena sebagai tempat penyimpanan bisa jadi peran microSD sangat vital, oh iya jika ketiga cara yang anda lakukan di atas tidak berhasil bisa di pastikan kartu memori anda telah sepenuhnya rusak dan sebaiknya anda beli saja yang baru.

sekian tips mengatasi memori microSD tidak dapat di format semoga bisa membantu anda dan jika anda menganggap artikel ini bermanfaat anda bisa membookmarknya.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments